Laptop Overheat

bismillah.

acara nge-blog beberapa hari terakhir agak macet karena masalah laptop overheat (suhu terlalu panas) dan beberapa masalah pribadi (berhenti ngetik sebentar tuk ngehirup nafas dalam dalam) ehehe.

lupakan masalah pribadi saya dan kembali ke masalah laptop (karena topik post kali ini adalah laptop, lagian siapa yg peduli masalah saya hahaha). laptop yang terlalu panas bisa jadi masalah besar buat sebagian orang yang memerlukan laptop nya selalu hidup, yah untuk berbagai macam keperluan seperti komunikasi, bisnis, karier dan percintaan (hahaha, becanda). saya kurang begitu mengerti knapa laptop gak boleh terlalu panas. tapi yang pernah saya alami, laptop saya pernah tidak bisa nyala karena masalah overheating/kepanasan, dan itu benar benar sangat mengganggu aktivitas.

jika itu laptop saya, dan saya merasakan suhu nya sudah terlalu panas. hal pertama yang akan saya lakukan adalah membedahnya (lebay dikit gpp biar kedengeran kyk dokter operasi :P) dan memeriksa bagian dalam dari laptop tersebut. mengingat kasus laptop saya yang suhu nya terlalu panas beberapa hari kemarin, saya putuskan untuk membedah laptop tersebut. dan apa yang saya temukan ? beberapa tumpuk debu, kotoran, sarang laba-laba, dan anak-an kecoa (hahahaha, inti nya dalem nya kotor). ya, akumulasi debu dan kotoran yang masuk ke laptop bisa menyumbat saluran pembuangan udara panas dari dalam laptop ke luar, hal ini mengakibatkan sirkulasi udara di laptop tidak lancar dan udara panas yang seharusnya di buang malah berkumpul di dalam laptop (nah ini yg sering bikin laptop suhu nya naik). nah, hal yang harus saya lakukan adalah membersihkan nya (bukan di cuci pake sabun lho). bisa menggunakan kuas kecil, vacuum cleaner, atau kompresor (jadi inget ban motor dirumah kempes) untuk membuang debu dan kotoran di dalam sana.

nah, kalau sudah bersih, coba susun kembali laptop anda jadi seperti semula dan hidupkan. dalam kasus laptop saya setelah dibersihkan bagian dalam nya, sekarang sudah tidak terlalu panas dan ngadat-ngadat lagi (hohoho). oia, pastikan anda membuka, membersihkan, dan memasang kembali dengan hati-hati (soalnya saya pernah ngerusak in laptop orang yang minta bersih in, hehehe) use at your own risk. jika anda ragu untuk membersihkan sendiri bagian dalam laptop anda, sebaiknya anda serahkan laptop anda ke toko servis komputer dan laptop yang anda percaya untuk membersihkan bagian dalam laptop anda, dan jika bisa, saya sarankan anda ikut melihat proses pembersihan laptop anda untuk memastikan beberapa macal hal, seperti kebersihan bagian dalam laptop anda, dan memastikan tidak ada bagian dalam laptop anda yang ditukar atau di ambil (hehehe, beberapa toko servis yang tidak bonafit yang tidak dapat saya sebutkan namanya kadang melakukan hal ini untuk kepentingan pribadi) kalo kata bang napi “kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi juga bisa terjadi karna ada kesempatan, waspadalah! waspadalah!”.

nah, sekian dulu cerita dan saran saya tentang pengalaman perawatan laptop (namanya juga berbagi pengalaman, gk di ikutin juga gpp hehehe). dan ingat ! use at your own risk 😀

Leave a Reply

