Tips Membuat Website

Bismillah,

wah udah lama yah ngga nulis lagi di sini, jadi kangen juga. kadang waktu lagi mau nulis banyak godaan nya, ntah itu males, ngantuk, kuliah, belajar (kapan belajar ?), koneksi lemot juga. hehe, ngomong ngomong koneksi lemot, menurut survei yang saya lakukan pada beberapa teman dan sahabat (sok pinter bahasa nya), gak semua orang punya akses internet yang kecepatan nya layak dipakai untuk surfing, blogging, googling, nyari tugas, belajar, dll.

hehe, bukan nya mau ngehina atau nge jelek jelek in lho. tapi serius, kebanyakan provider yang menyediakan jasa akses internet dengan tarif “super” murah kadang gak semuanya memberikan kecepatan akses yang “super” cepat (udah dikasi murah pengen yg cepet juga, hahaha). yah sebagai manusia yang termasuk dalam golongan pengguna koneksi yang nafas nya “kembang-kempis”, saya punya banyak pengalaman buruk tentang koneksi yang lambat.

lho apa hubungan nya dengan tips membuat website ? ADA !! (sebenarnya bukan tips membuat website, cuma sedikit curahan dan jeritan hati aja dari saya untuk para web-engineer (bener gak tulisan nya ?) dan blogger-blogger di luar sana).

“GAK SEMUA ORANG PUNYA AKSES INTERNET CEPAT UNTUK DIPAKAI MEMBUKA WEBSITE !!”

“GAK SEMUA ORANG MAU MENUNGGU LOADING CONTENT WEBSITE YANG PENUH DENGAN BARISAN GAMBAR TETEK-BENGEK DEMI MEMPERCANTIK HALAMAN WEB !!”

“GAK SEMUA ORANG MAMPU MELUANGKAN WAKTU NYA UNTUK MEMPERHATIKAN KEHEBATAN ANDA DALAM MEMBUAT WEBSITE YANG BERTABUR DENGAN SEGALA FITUR YANG ANDA TAMPILKAN DI SANA !!”

maap pake caps-lock (kebawa emosi saia, hehehe). 3 pernyataan dari saya diatas, itu semua “FAKTA” (aduh capslock lagi). disini saya gak bermaksud buat marah marah sama yang tukang bikin website, atau yang bikin blog, tapi sedikit memberikan saran atau koreksi yang menurut saya baik. saya akan cantumkan beberapa hal yang sering bikin “kesel” waktu buka suatu website atau blog.

1. Iklan

saya akui memang website adalah sarana bisnis yang paling baik (orang jaman sekarang kan sudah pada canggih, haha). saya gak melarang website yang menampilkan bejibun iklan dan pop-up (itu hak mereka kok), ada lagi itu iklan yang melayang-layang di halaman web itu (saia lupa namanya, hehehe. duh jadi keliatan katro nya) yah menurut saya itu JELAS mengganggu pembaca untuk membaca isi dari blog anda (biasanya iklan begini kalo gak di klik “close” nya gak bakal hilang, mesti dua kali pula hahaha). terlalu banyak iklan di dalam suatu halaman website, menurut saya justru penampilan iklan tersebut tidak efisien (cenderung mengganggu sih kalo menurut saya, huhuhu).

2. Video, Audio, Flash

jadi begini, kalau video atau audio (biasanya lagu nih audio nya) tidak di setting otomatis berjalan saat website terbuka atau di kunjungi, menurut saya sah-sah saja (tidak terlalu mengganggu). tapi kalau sebaliknya video atau audio di buat autoplay (kalo gak salah namanya itu) saat website terbuka, masyaAllah.. udah koneksi lambat, sukur-sukur bisa ngebuka halaman web, masih mau dipaksa buffering content juga ?! TERLALU !! content flash juga menurut saya agak mengganggu, gak perlu saya jelaskan lah content flash ini, udah pada pinter semua koq, itu lho.. yang jalan in nya mesti install flash player. nah paham kan ? mnurut saya yah itu lumayan menyita waktu loading juga. kalo gak terlalu butuh yah gak usah dipasang lho, daripada pengunjung jadi kapok mampir, hehehe.

3. File Size

file size maksud saya disini yah semua file yang akan di load saat suatu halaman web terbuka, baik itu gambar, emm.. (bingung >,< ) yaudah pokok nya yang paling utama itu gambar, hehehe. ntah itu berupa banner, background, button, atau sekedar content gambar dalam postingan blog sekalipun, yah menurut saya jangan terlalu besar lah. kan sayang gambar terbaik pilihan anda yang anda masukkan ke dalam website justru jadi gambar yang mengganggu proses pembaca dalam mengakses halaman website anda sendiri.

4. Halaman Sisipan

disini saya kurang begitu tahu tentang nama sebenarnya, tapi yang saya maksud adalah halaman yang otomatis terbuka saat anda pindah halaman di dalam website, atau sejenis flash intro (biasanya ucapan “SELAMAT DATANG” atau “SILAHKAN MASUK”) bzbzbzbzbz. kalau menemui website yang menggunakan content flash intro seperti itu, hal pertama yang saya cari adalah tombol “close tab” pada halaman tersebut, kenapa ? lah wong baru buka aja udah banyak tetek bengek selamat datang-silahkan masuk.. gimana di dalam nya ? bisa seharian nunggu loading gak kelar kelar.

saya rasa yah segitu aja yang mengganggu, dan kadang suka bikin kesel sendiri waktu lagi nyari informasi penting di dunia maya. yah tapi semua itu cuma saran dari saya, gak di ikutin juga gak apa apa. tapi ingat, jika website adalah sarana anda untuk berkomunikasi, berbisnis dan berbagai keperluan lainnya, jadikanlah pengunjung merasa senang, tidak terpaksa, dan betah berlama lama di website anda. jangan jadikan kunjungan ke website anda adalah suatu musibah dan ancaman bagi pengguna akses internet berkecepatan rendah seperti saya, hehehe. website hendak nya di design se-efektif mungkin, baik dari sisi keindahan, kelengkapan isi, dan kecepatan. Terimakasih..

Advertisements

One Response

  1. makasih atas info ya gan, mga tmbh sukses..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: