Menemukan MAC Address Anda Pada Jaringan Kabel Dan Nirkabel

Jawaban Untuk Pertanyaan Tentang Media Access Control (MAC)
—————————-
Selama beberapa minggu terakhir ini saya telah menerima cukup banyak e-mail tentang Ethernet, baik kabel dan nirkabel, dan lebih khusus lagi, tentang alamat Media Access Control (MAC). Saya pikir alasan utama saya  menerima begitu banyak pertanyaan tentang kartu Ethernet dan alamat MAC adalah, banyak orang yang mencoba untuk mengamankan jaringan nirkabel di rumah mereka dan keinginan mereka untuk menggunakan penyaringan alamat MAC. Jenis penyaringan dalam jaringan nirkabel dapat dikonfigurasi untuk mengizinkan atau menolak komputer khusus untuk menggunakan atau memberikan data ke jaringan nirkabel, berdasarkan alamat MAC.

Pikiran pertama saya untuk menulis artikel hanya tentang alamat MAC dan Ethernet nirkabel. Setelah berpikir tentang hal itu saya memutuskan untuk memperluas ini dan membahas beberapa informasi khusus tentang kartu Ethernet dan komunikasi.

Cara Berbeda Untuk Menemukan MAC Address Anda Dan Lainnya
————————————————–
Ada beberapa cara untuk menemukan Ethernet Anda dan informasi komunikasi protokol. Banyak produsen ethernet memiliki perangkat lunak berlisensi yang dapat mengungkapkan informasi ini, tetapi mereka bekerja secara berbeda tergantung pada produsen. Jika kita akan menggunakan Windows 2000 dan XP “ipconfig” adalah perangkat yang dipakai karena ini tersedia di sebagian besar Sistem Operasi Windows.

Pertama, pergi ke “start” -> “run” dan ketik “cmd” tanpa tanda kutip. Lalu tekan enter. Pada baris perintah ketik “ipconfig / all”, sekali lagi tanpa tanda kutip. Sebenarnya, hanya mengetik ipconfig tanpa / semua akan bekerja tetapi hanya akan memberikan Anda informasi singkat tentang kartu jaringan Anda. Sebuah contoh dari apa yang mungkin Anda lihat dengan mengetikkan “ipconfig / all” :

Output dari “Ipconfig / All” Command
————————————————– ——–
Windows IP Configuration

Host Name. . . . . . . . . . . . : Komputer Pusat
Ini adalah nama komputer Anda, biasanya ditetapkan saat instalasi windows. Namun, dapat diubah setelah instalasi.

Dns Primer Suffix. . . . . . . : Domain.com
Jika komputer Anda berpartisipasi dalam jaringan seperti Microsoft Windows domain item ini mungkin berisi nama domain.

Node Type. . . . . . . . . . . . : Unknown
Jenis Node biasanya ditulis Unknown, atau peer-to-peer, atau dalam beberapa kasus “hybrid”. Ini adalah pengaturan yang harus dilakukan dengan Penamaan Internet Services Windows yang digunakan dalam beberapa jenis jaringan domain Windows.

IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
Pengaturan ini menentukan jika Windows XP atau 2000 berfungsi sebagai router IP. Jika Anda memiliki dua atau lebih kartu jaringan, Anda dapat men-setup sistem anda untuk bertindak sebagai router, router komunikasi untuk meneruskan dari satu jaringan ke yang lain. Windows 2000 dapat dikonfigurasi untuk melakukan hal ini dalam mode langsung; sedangkan Windows XP akan membutuhkan modifikasi registry.

WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy adalah pengaturan lain yang terkait dengan “Node Type” yang kita bahas sebelumnya. Hal ini biasanya tidak membutuhkan konfigurasi dalam suatu jaringan rumah atau kantor kecil, atau jenis baru dari domain Microsoft Windows.

Ethernet adapter Wireless Network Connection 2:
Jika Anda memiliki beberapa Ethernet (jaringan) di sistem anda, seperti yang saya lakukan di laptop ini, Anda akan memiliki beberapa listing. Yang satu ini terjadi untuk menjadi kartu Ethernet kedua, dan sebagai Ethernet nirkabel internal.

Description. . . . . . . . . . . : Broadcom 802.11b / g WLAN
Ini adalah deskripsi dari kartu Ethernet, biasanya Nama / Produsen dan jenis kartu Ethernet. Dalam hal ini, itu adalah Ethernet nirkabel Broadcom di laptop saya.

Physical Adress. . . . . . . . . : 00-90-4B-F1-6E-4A
Dan di sini kita mendapati sebuah alamat MAC. Alamat MAC adalah kode heksadesimal 48 bit dan disinyalir untuk menjadi alamat yang benar-benar unik. 48 bit karena setiap nomor atau huruf dalam heksadesimal mewakili 8 bit. Heksadesimal nomor berkisar dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9, A, B, C, D, E, F. Ada 6 kode alfa-numerik maka 6 * 8 = 48 ( bit). 3 kode pertama mengidentifikasi produsen dari kartu dan kode sisanya digunakan untuk membuat nomor unik. Secara teoritis tidak boleh ada kartu dengan alamat MAC yang sama pada jaringan lokal. Namun, ada beberapa pengecualian. Ada perangkat lunak alat yang memungkinkan Anda untuk mengubah kode ini. Bahkan, ini merupakan langkah beberapa hacker untuk menyerang sistem lain pada jaringan lokal. Aku berkata jaringan lokal karena alamat MAC tidak routable antar segmen jaringan. Dengan spoofing alamat ini, Anda dapat meniru komputer lain pada jaringan lokal. Lalu lintas data yang menuju sasaran tujuan dapat diarahkan ke komputer hacker. Ini adalah alamat yang akan anda gunakan untuk mengisi alamat MAC, atau tabel alamat fisik ketika mengatur akses poin nirkabel Anda untuk mendukung penyaringan alamat MAC.

DHCP Enabled. . . . . . . . . . . : Yes
DHCP atau Dynamic Host Control Protocol, jika enable berarti alamat IP komputer Anda disediakan oleh server DHCP pada jaringan Anda. Server DHCP bisa juga adalah akses poin wireless anda, kabel / dsl router, modem kabel, atau server di jaringan anda. Tapi, jika sebuah server DHCP tidak diaktifkan pada jaringan Anda, Sistem Operasi komputer Anda akan otomatis menghasilkan sebuah alamat IP acak dalam rentang standar tertentu. Ini berarti Anda bisa membangun sistem jaringan bersama-sama tanpa harus secara manual mengatur IP.

IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.0.117
Parameter ini menunjukkan Anda alamat IP anda. Alamat yang tercantum di atas adalah alamat privat. Ada kelas-kelas tertentu dari alamat IP yang dapat diatur untuk penggunaan pribadi. Ini untuk jaringan internal Anda, lokal, atau pribadi di rumah atau kantor. Alamat ini tidak, atau tidak seharusnya, dapat di route di Internet. Rute Internet yang disebut alamat IP yang “valid”. kabel Anda / dsl router atau modem kabel memiliki alamat IP yang valid ditugaskan untuk hubungan “eksternal” jaringan. layanan eksternal dapat berarti saluran telepon Anda atau kabel TV kabel.

Subnet Mask. . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Subnet Mask adalah nomor khusus, atau dalam arti tertentu, filter, yang memecah alamat IP (alamat IP pribadi), ke dalam kelompok-kelompok tertentu. alamat IP dan Subnet Mask dapat menjadi masalah rumit dan menghabiskan seluruh artikel untuk membahas hal itu.

Default Gateway. . . . . . . . . : 192.168.0.254
Default gateway, alamat IP yang tercantum di atas, adalah alamat IP perangkat yang akan me route permintaan anda, seperti ketika Anda mencoba untuk browsing website, ke Internet. Hal ini sedikit lebih rumit dari itu meskipun sebagai gateway atau router bisa mengarahkan lalu lintas data ke berbagai jaringan yang berbeda, jaringan swasta bahkan lainnya. Di rumah atau kantor kecil, gateway yang paling mungkin digunakan adalah kabel Anda / dsl modem atau router.

DHCP Server. . . . . . . . . . . : 192.168.0.49
Server DHCP, kita sedikit membahas tentang hal ini di atas, adalah perangkat komputer Anda yang memberikan alamat IP dan informasi lainnya. server DHCP dapat menetapkan semua jenis informasi seperti, Default Gateway, Domain Name Server (DNS), alamat IP, Subnet Mask, Waktu Server, dan banyak lagi.

DNS Server. . . . . . . . . . . : 192.168.0.49, 64.105.197.58
Server DNS adalah server internal atau eksternal yang mengurus Full Qualified Domain Names (FQDN), seperti http://www.defendingthenet.com, ke alamat IP. Hal ini dilakukan karena komputer tidak benar-benar mengirim permintaan Anda menggunakan nama domain, mereka menggunakan alamat IP yang diberikan ke FQDN. Untuk kebanyakan rumah atau pengguna kantor kecil, server DNS primer adalah alamat IP dari kabel Anda / dsl router. kabel Anda / router dsl dari query server DNS eksternal pada Internet untuk melakukan resolusi aktual FQDN ke alamat IP. Alamat 192.168.0.49 adalah perangkat pribadi internal pada jaringan saya sedangkan 64.105.197.58 adalah Internet eksternal server DNS publik dan hadir hanya jika router saya memiliki kesulitan melakukan tugas resolusi DNS.

Lease Obtained. . . . . . . . . . : Minggu, 19 Maret 2006 06:38:16
Informasi ini memberitahu Anda saat komputer Anda menerima alamat IP dan informasi lainnya dari server DHCP. Anda akan melihat ia mengatakan “Lease Obtained”, itu karena kebanyakan server DHCP hanya memakai alamat IP untuk Anda dari tabel alamat yang tersedia. Misalnya, tabel Anda mungkin 192.168.1.1 melalui 192.168.1.50. Jadi DHCP server anda memiliki 50 alamat IP untuk memilih dari komputer Anda ketika menetapkan alamat IP.

Lease Expires. . . . . . . . . . : Rabu, 29 Maret 2006 09:38:16
Bila alamat IP, ditugaskan oleh server DHCP, maka program akan mencoba untuk memakai alamat IP yang Anda pakai. Fungsi ini biasanya dapat diubah pada server DHCP. Misalnya, pada beberapa server DHCP berfungsi penuh, Anda dapat mengkonfigurasi pemakaian untuk tidak pernah berakhir, atau akan berakhir dalam waktu 1 hari dan seterusnya.

Mengapa Alamat MAC Sangat Penting Dan Bagaimana Mereka Bekerja
————————————————– —-
Mari Kembali Membahas MAC address sedikit. Anda mungkin berpikir bahwa alamat IP adalah hal yang paling penting ketika menlakukan komunikasi jaringan. Kenyataannya adalah, alamat MAC yang sangat penting karena tanpa mereka komputer tidak akan dapat berkomunikasi melalui jaringan Ethernet. Ketika komputer ingin berbicara dengan komputer lain di jaringan lokal, hal itu akan membuat permintaan broadcast, atau mengajukan pertanyaan, siapa yang memakai alamat IP tertentu. Sebagai contoh, komputer Anda mungkin mengatakan “Who is 192.168.0.254”. Dengan menggunakan informasi di atas, gateway default saya adalah 192.168.0.254 dan akan menjawab “I am” 00-90-4B-F1-6E-4A “192.168.0.254”. Komputer anda mengirimkan kembali alamat MAC. Alamat MAC tersebut kemudian masuk ke dalam apa yang disebut Address Resolution Protocol (ARP) tabel pada komputer Anda. Anda dapat melihat informasi ini, dengan membuka command prompt seperti yang anda lakukan di atas dan mengetik “arp-a”. Anda akan mendapatkan informasi seperti berikut:

Internet Address Physical Address Type
192.168.0.49 00-12-17-5c-a2-27 dynamic
192.168.0.109 00-12-17-5c-a2-27 dynamic
192.168.0.112 00-0c-76-93-94-b2 dynamic
192.168.0.254 00-0e-2e-2e-15-61 dynamic

Bagaimana Seorang Hacker Dapat Menggunakan Alamat MAC Dalam Suatu Serangan
———————————————-
Anda akan melihat alamat IP dan di sebelah kanan adalah alamat MAC. Tanpa informasi ini, tanpa adanya alamat MAC, Anda tidak akan membaca artikel ini sekarang. alamat MAC tidak routable seperti alamat IP. Mereka bekerja pada jaringan lokal atau pribadi. Namun, perangkat di Internet melakukan tugas yang sama. Router dan switch menyimpan daftar alamat MAC perangkat pasangan jaringan mereka seperti komputer dan perangkat di rumah atau jaringan kantor. Saya sebutkan di atas bahwa alamat MAC dapat diubah dalam rangka untuk mengarahkan permintaan. Sebagai contoh, jika saya berada di jaringan kantor Anda dan Anda memiliki web server internal yang mengambil informasi pribadi sebagai input, Saya bisa membelokkan request anda kepada suatu alamat web ke laptop saya dengan alamat MAC broadcast yang terikat pada alamat web server IP real. Saya akan melakukan ini ketika komputer Anda bertanya “Siapakah” Web Server Real “”. Aku bisa setup server web palsu yang terlihat seperti hal yang nyata, dan dapat mengumpulkan semua informasi web server yang anda lakukan. Berbahaya bukan ?

Kesimpulan
———–
Ada beberapa cara lain yang mudah untuk Anda agar dapat menemukan alamat MAC tetapi itu bisa sedikit membingungkan jika anda memiliki lebih dari satu jaringan internal. Kebanyakan USB eksternal, atau PCMCIA kabel dan Ethernet nirkabel memiliki alamat MAC yang tertulis pada mereka. Dalam kasus di mana kartu jaringan kabel atau nirkabel berada di dalam komputer Anda, seperti di laptop, alamat MAC kadang-kadang tercetak pada bagian bawah laptop. Bahkan pada sistem komputer, informasi alamat dimasukkan ke dalam slot PCI memiliki alamat MAC yang dicetak pada Ethernet.

Sumber :

readbud - get paid to read and rate articles

setelah melalui proses translasi 😀

klik link dibawah untuk membaca artikel ini sebelum melewati proses translasi
Finding Your MAC Address On Wired And Wireless Network Cards

Leave a comment